Home » Bitung » Wakil Walikota Bitung, Tutup Pelatihan SIBAT PMI

Wakil Walikota Bitung, Tutup Pelatihan SIBAT PMI

Bitung – 21 Juli 2012 Wakil walikota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi didampingi ketua PMI cabang Bitung Dra. Ny. Khouni Lomban Rawung,MSi dan kepala badan penanggulangan bencana daerah kota Bitung Drs. Jeffry Wowiling,MSi. menutup langsung pelatihan  penanggulangan bencana oleh tim siaga bencana berbasis masyarakat ( SIBAT ) kelurahann Mawali, Paudean dan Papusungan yang  dimulai sejak tanggal 12 Juli 2012 lalu melalui program pertama siaga bencana berbasis masyarakat melalui bantuan palang merah Denmark atau Danish red cross ( DRC ) yang dilaksanakan di kelurahan Mawali kecamatan Lembeh utara, sabtu 21/7.

Penutupan pelatihan ini ditandai dengan simulasi penanggulangan bencana dan penanganan bencana oleh tim SIBAT yang diikuti sebanyak 60 orang utusan dari ketiga kelurahan program sekaligus pembuatan dan pemaparan peta rawan bencana sesuai karakteristik daerah masing – masing.

Menurut ketua PMI cabang Bitung Dra. Ny. Khouni Lomban Rawung,MSi bahwa pembentukan tim SIBAT dikelurahan program merupakan tindaklanjut dari kerjasama dengan Danish red cross melalui program integrated community base risk reduce ( ICBBR ) yang telah dilaksanakan di 4 kelurahan program namun kali ini baru tiga kelurahan yang di latih Yakni Mawali, Papusungan dan Paudean sedangkan kelurahan Batu putih atas dan Batu putih bawah kecamatan Ranowulu akan dilatih pada tahap kedua di tahun ini sebagaimana target kami, sehingga kami berharap adanya dukungan masyarakat di setiap kelurahan program sebab pola siaga bencana berbasis masyarakat memiliki manfaat besar bagi masyarakat dalam penanggulangan dan penanganan bencana. “Tujuan program ini adalah peningkatan kapasitas masyarakat dikelurahan yang rawan bencana untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat bencana, sehingga masyarakat dapat menolong dirinya sendiri dan orang lain yang ada disekitarnya tanpa menunggu bantuan dari luar”, ujar Rawung.

Wakil walikota Bitung M.J.Lomban. SE.MSi dalam sambutannya “mendukung penuh kegiatan ini dan berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan di kelurahan – kelurahan yang lain apalagi yang rawan bencana, pemerintah berkomitmen dengan program – program ini sebab sangat bermanfaat bagi masyarakat”, ujar Lomban.

Hadir juga dalam kegiatan ini Percy Lontoh koordinator lapangan program pertama DRC sulawesi utara, kamacab Seferson Sumampouw, koordinator program Anggrainy Mewengkang dan Stefany staf keuangan program, camat lembeh utara Frangky Ladi, Camat Lembeh selatan Forsman Dandel dan para lurah se-kecamatan Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. *hm/zp

http://rhemamanado.com/2012/07/23/wakil-walikota-bitung-tutup-pelatihan-sibat-pmi/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Bencana

July 2012
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d bloggers like this: