Home » Sangihe » 15 Kecamatan di Kepulauan SANGIHE Rawan BENCANA

15 Kecamatan di Kepulauan SANGIHE Rawan BENCANA

Sangihe – 9 November 2012, –Sebanyak 15 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dipetakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat ke dalam kawasan rawan bencana banjir dan longsor.

“Bencana banjir dan longsor selalu terjadi apabila tren hujan mulai lebat dengan durasi yang cukup lama. Di waktu bersamaan pasti akan ada desa di beberapa kecamatan yang mengalami bencana banjir dan longsor,” kata Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Sangihe Reintje Tamboto di Manado, kutip Antara Jumat (9/11).

Dia mengatakan kondisi permukiman penduduk menjadi rawan banjir dan longsor karena berada di bawah bukit atau lereng dengan karakteristik tanah yang labil.

Menurutnya, sebagian permukiman lain berada di sekitar daerah aliran sungai (DAS) serta tepi pantai yang kontur tanahnya sama tinggi dengan laut.

Dia menuturkan beberapa hari lalu ada petugas yang akan membawa logistik ke daerah kampung Laine dan Lapango yang mengalami banjir dan longsor Juli lalu, tetapi tidak bisa melanjutkan perjalanan karena dihadang banjir.

Karena itu, kata Reintje, jajaran pemerintah kabupaten dan BPBD telah melakukan sosialisasi kepada warga di semua kecamatan yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Ada imbauan dari pemerintah daerah agar mengungsi sementara waktu ke tempat yang lebih aman apabila terjadi hujan lebat dan berlangsung cukup lama,” ungkapnya.

Dia mengatakan saat ini hujan turun di Sangihe dengan intensitas sedang.

“Kami sangat mengharapkan warga bersikap waspada. Kalau hujan deras dan ada tanda-tanda retakan tanah, segeralah mengungsi. Begitupun ketika permukaan air sungai mulai naik, itu tanda awas akan terjadi banjir,” harapnya.

Akhir Juli tahun ini, banjir dan longsor terjadi di Kecamatan Tamako dan Tabukan Selatan dan mengisolasi sejumlah desa permukiman warga.

Banjir dan longsor menghancurkan puluhan rumah, dan menggenangi seratusan rumah lainnya, merobohkan sekolah dan perkantoran, jembatan serta fasilitas umum lainnya dan merenggut satu nyawa warga.(ant/iaa)

http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/11/15-kecamatan-di-kepulauan-sangihe-rawan-bencana/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Bencana

November 2012
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d bloggers like this: