Home » Tomohon » BPBD Tomohon Gelar Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana

BPBD Tomohon Gelar Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana

Tomohon –22 November 2012,  Pemerintah Kota melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar sosialisasi pemantauan dan penyebarluasan informasi potensi bencana alam serta pembentukan kelurahan siaga bencana sekaligus pelantikan tim gugus tugas siaga bencana kelurahan di Kecamatan Tomohon Selatan, Tomohon Timur dan Tomohon Barat di Aula Home Stay, Rabu 21 November 2012.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ir mengatakan kegiatan ini untuk tersedianya tim relawan dalam format dengan nama Gugasgana (Gugus Tugas Siaga Bencana) dan meningkatnya kesadaran serta kesiagaan dini untuk pengurangan resiko bencana.

“Tujuan digelarnya acara ini untuk mempersiapkan terwujudnya masyarakat siaga bencana yang akan dilaksanakan selama dua hari dengan materi yang diberikan oleh para narasumber yakni kebijakan pemkot dalam penanggulangan bencana, peran kepolisian dan TNI dalam penanggulangan bencana, cuaca ekstrim – peringatan dini dan antisipasinya, penyelenggaraan komando tanggap darurat, siklus penanggulangan bencana dan siaga bencana (kebakaran, gempa, letusan gunung dan longsor).

Sementara itu, SE Ak mengungkapkan kegiatan ini sangat strategis karena menjadikan masyarakat kecamatan dan kelurahan se Kota Tomohon siap untuk mengantisipasi bencana, dimana harus dipersiapkan secara dini dan kemudian secara bertahap menjadi tangguh bencana, karena hal itu relevan dengan visi penanggulangan bencana yakni menuju masyarakat siaga dan tangguh bencana.

“Di Indonesia, Kota Tomohon adalah salah satu kota yang seluruh kecamatan dan kelurahan sudah siaga bencana, apalagi sudah dilengkapi dengan personil gugus tugas siaga bencana yang oleh deputi pencegahan dan kesiapsiagaan BNPB menyatakan bahwa Kota Tomohon di Sulut dapat menjadi contoh bagaimana pemerintahnya sudah bisa menyiagakan masyarakat dalam menghadapi bencana,” terang Eman.

Hadir dalam acara ini, pejabat di jajaran Pemkot Tomohon dengan peserta yakni anggota gugus tugas siaga bencana yang keseluruhannya berjumlah 200 peserta, sebagai narasumber dari unsur TNI Danramil Kota Tomohon Kapten Kavaleri Ahmad Nurdin, unsur BPBD Kota Tomohon serta perwakilan unsur kepolisian. (req)

http://beritamanado.com/tomohon-2/bpbd-tomohon-gelar-sosialisasi-penyebarluasan-informasi-potensi-bencana/141382/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Bencana

November 2012
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d bloggers like this: