Home » Minahasa » Warga Kena Bencana, Tagana Protes Bantuan Pemprov Sulut ke Posko Partai

Warga Kena Bencana, Tagana Protes Bantuan Pemprov Sulut ke Posko Partai

Minahasa, 29 Januari 2013 – Bencana banjir dan longsor yang terjadi dibeberapa wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) menjadi perhatian semua pihak termasuk Taruna Siaga Bencana (Tagana).
 
Tagana yang sudah eksis beberapa tahun ini, dan merupakan organisasi sosial yang bergerak dalam bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial yang berbasiskan masyarakat, terutama generasi muda, rupanya uring-uringan melihat bantuan pemerintah, yakni Dinas Sosial Provinsi yang terlihat salah sasaran. Pasalnya, bantuan itu bukan lewat posko bantuan independen ataupun milik pemerintah, melainkan masuk ke posko partai politik.
 
Pelak saja, anak muda Tagana yang super idialis menolak adanya dualisme bantuan itu, dan terkesan merupakan bantuan partai politik semata.
“Bagaimana bantuan pemerintah lantas masuk ke Posko PDIP seperti yang terjadi di Kecamatan Tombariri. Ini kan lucu, dan kami tidak mau melakukan hal-hal yang berhubungan dengan suatu partai. Jangan ada dompleng partai, dan kami di Tagana murni untuk membantu warga tanpa pamriah, karena persoalan bencana adalah tanggungjawab kemanusiaan, dan tidak dihubungkan dengan partai ataupun pencitraan,” tukas Joegues Manangka dan beberapa anggota Tagana di Tombariri sembari menolak bantuan itu masuk ke posko PDIP di tempat tersebut.
“Kami dari Tagana Sulut tidak mengetahui dengan tindakan yang salah ini. Masa bantuan pemerintah masuk ke posko partai untuk kemudian disalurkan ke masyarakat? Ini kan tidak benar,” sorot salah seorang anggota Tagana Sulut yang enggan namanya dipublikasi.
 
Sebelum meruncing persoalan tersebut, Ketua KSB (Kampung Siaga Bencana) Kecamatan Tombariri, Elvis Runtu langsung menetralisir situasi dan meminta anak-anak Tagana untuk tetap bekerja demi kemanusiaan untuk membantu warga yang tertimpa bencana longsor dan banjir.
 Sementara itu pimpinan Partai PDIP maupun Dinas Sosial Provinsi belum bisa dikonfirmasi mengenai bantuan yang menjadi sorotan Tagana itu. 

 
Informasi lainnya bencana di Kecamatan Tombari itu, yakni di  Sarani terdata bencana banjir- longsor yang melanda pemukiman warga, wilayah Ranowangko banjir- Longsor, Tambala dan Borgo Banjir. Malah banjir yang terjadi dengan kedalaman air 1-2 meter dari permukaan tanah.(csn**)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Bencana

January 2013
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: