Home » Manado » BPBD Libatkan 17 Pakar Gunung Berapi Jepang

BPBD Libatkan 17 Pakar Gunung Berapi Jepang

Seminar Aktivitas Vulkanik dan Penanggulangan Bencana Gunung Berapi Manado- Sebanyak 17 pakar gunung berapi Jepang yang tergabung dalam JICA, ikut aktif meneliti keberadaan sejumlah gunung berapi di Sulut. Keberadaan mereka di Sulut, untuk mengikuti dalam seminar aktivitas vulkanik dan penanggulangan bencana gunung berapi yang digelar di Hotel Lion Manado, Jumat (24/05).

Gubernur Sulawesi Utara DR SH Sarundajang saat memberikan sambutannya mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan dengan letak gegrafis yang berada pada pertemuan 4 lempeng tektonik, telah menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara rawan bencana.

“Seminar ini sangat tepat mengingat di Sulawesi Utara secara geografis berada di tepian pasific dan merupakan salah satu daerah kepulauan terbesar yang memiliki beberapa gunung api yang aktif dan terdapat enam patahan aktif sehingga Sulut merupakan daerah yang rawan bencana,”katanya dalam seminar  kerjasama antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut dengan JICA Jepang tersebut.

Dikatakan gubernur, sosialisasi tentang bencana sangat dibutuhkan masyarakat untuk memelihara keseimbangan, keserasian dan kelestarian fungsi lingkungan hidup untuk dilaksanakan dengan melihat kompleksitas dan demografi dan pertumbuhan sosial ekonomi Indonesia maka langkah-langkah progresif yang terkoordinasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota serta pihak swasta dalam rangka meminimalisir dampak apabila terjadi bencana.

Pada kesempatan itu Sarundajang mengharapkan kiranya seminar ini dapat efektif dan mampu dimaksimalkan dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan kegiatan ini bisa menghasilkan rumusan, konsep, kebijakan dan program kerja yang jelas dengan langkah nyata dalam pencegahan dan penanggulangan bencana agar dapat tercapai secara cepat, tepat, efisien dan efektif. Gubernur didampingi Kepala BPBD Sulut Ir Houke Makarawung saat melihat Peta gunung berapi Kepala BPBD Sulut Ir Houkre Makarawung, mengatakan kegiatan seminar ini diikuti oleh JICA Jepang 17 orang, BNPB 20 orang, tim peneliti Gunung Api Indonesia, Kepolisian, TNI, BPBD Sulut, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, NTT,  instansi terkait dan organisasi kemasyarakatan.

Hadir pada kesempatan itu Mr Tokunaga Yoshio sebagai JICA Expert on Disaster Management, Dr Surono Kepala PVMBG, Ir Pitoyo Subandrio dari kementrian PU, Ir Medi Herlianto dari Direktur  Kesiapsiagaan BNPB, Forkompinda Sulut dan organisasi masyarakat.(Tim/sulutonline).

Sumber: http://sulutonline.com/berita/2096-bpbd-libatkan-17-pakar-gunung-berapi-jepang.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender Bencana

May 2013
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d bloggers like this: